Menurut Merriam-Webster, multimedia diartikan sebagai penggunaan atau pelibatan beberapa media. Multimedia juga merupakan teknik penggabungan suara atau audio, video, dan teks untuk mengekspresikan ide atau berkomunikasi dengan fasilitas teknis seperti perangkat lunak.
Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan multimedia sebagai penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafik, animasi, dan teks. Hal senada juga dilakukan Cambridge Dictionary yang mengartikan multimedia sebagai penggunaan kombinasi gambar bergerak, suara, musik, dan kata-kata, terutama dalam komputer atau hiburan. Multimedia juga disebut sebagai perangkat komunikasi atau berbagi informasi dalam bentuk suara, gambar, dan video, serta teks
Manfaat untuk pendidikan
Multimedia memberi manfaat khusus pada pendidikan karena dapat dikombinasikan dengan pengajaran hingga apa yang disebut dengan edutainment. Penggabungan edukasi dan entertainment menjadi hal yang populer di ranah edukasi karena proses belajar-mengajar tidak lagi berlaku satu arah secara tradisional, tetapi juga lebih menarik dan mudah dipahami.
2. Manfaat untuk dunia hiburan
Penggunaan multimedia untuk dunia hiburan memiliki masa perkembangan yang hampir selaras dengan perkembangan multimedia itu sendiri. Hal ini tidak lepas dari penggunaan sarana elektronik sebagai media informasi global dan massal. Setelah multimedia berkembang, dunia hiburan makin kaya dengan tampilan audio visual yang bisa direkayasa lewat efek visual.
3. Manfaat untuk bisnis
Multimedia juga bermanfaat penting bagi keberlangsungan bisnis di dunia modern. Peran ini terutama ditemukan dalam proses pemasaran, promosi, iklan, presentasi, demo produk, hingga komunikasi berbasis jaringan, hingga sekarang berupa aplikasi.
4. Manfaat untuk teknologi dan sains
Selain untuk hiburan, multimedia juga dapat digunakan dalam teknologi serta sains. Hal ini seperti misalnya penambahan peralatan audio visual untuk prosedur operasi otak atau bedah tubuh manusia. Manfaat efisiensi dari kehadiran multimedia dapat mendukung sains berbasis teknologi.
5. Manfaat bagi dunia seni
Multimedia juga bermanfaat dalam dunia seni, terutama berkaitan dengan pameran seni hingga perkembangan teknologi untuk jenis seni rupa berbasis digital. Penggunaan perangkat elektronik untuk menghasilkan karya seni seperti animasi hingga desain komunikasi visual juga tak lepas dari peranan aspek multimedia ini.
6. Manfaat bagi dunia teknik
Dalam perkembangannya, dunia teknik atau khususnya teknik informatika menggunakan multimedia sebagai sarana utama bagi pekerjaan para insinyur teknik. Misalnya, seorang teknisi atau insinyur perangkat lunak bisa menampilkan simulasi militer untuk pelatihan industri sebelum barang sesungguhnya diproduksi. Komponen multimedia
Komponen multimedia terdiri dari teks, audio, video, grafis, dan animasi (Sumber: Pexels)
Setelah mengetahui berbagai manfaat dari multimedia, berikut ini adalah komponen multimedia yang sebelumnya telah disebut pada penjelasan definisi:
1. Teks
Teks merupakan komponen utama multimedia yang berupa teks, frasa, dan paragraf. Teks merupakan salah satu bentuk media informasi dan komunikasi yang paling dasar.
2. Grafis
Grafis atau grafik merupakan bentuk informasi multimedia non-teks yang berupa sketsa, gambar, hingga fotografi. Dalam perkembangannya, komponen grafis juga masuk dalam jajaran awal multimedia yang ditemukan sebagai bentuk informasi dan komunikasi manusia.
3. Animasi
Animasi merupakan komponen multimedia yang cukup termutakhir dengan perpaduan gambar grafis dan gambar bergerak. Animasi dapat digunakan untuk berbagai tujuan multimedia yang lebih menarik impresi.
4. Video
Video merupakan komponen multimedia yang juga cukup tua karena muncul dalam sejarah perkembangan multimedia itu sendiri. Video merupakan entitas gambar bergerak pertama yang dapat diputar dengan kecepatan frame tertentu. Video lantas juga berkembang dari sekadar film bisu menjadi video dengan suara.
5. Audio
Audio muncul sebagai komponen multimedia setelah teks. Audio berhubungan erat dengan proses perekaman, entah itu musik, dialog, hingga semua hal yang berbasis pada suara. Audio menjadi salah satu aspek penting dari multimedia hingga sekarang. Perkembangan audio juga didukung oleh adanya efek khusus dalam membangun sebuah audio, seperti halnya pada video.
Jenis multimedia
Multimedia dibedakan menjadi dua jenis menurut sifatnya interaksinya (Sumber: Pexels)
Pada prosesnya, multimedia sendiri dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu:
1. Multimedia linier
Multimedia linier merupakan multimedia yang bersifat non-interaktif. Hal ini umumnya dicirikan dengan tidak adanya kontrol terhadap suatu konten oleh para penggunanya. Jenis multimedia ini bersifat satu arah dan memiliki eksklusivitas yang berbasis pada pembuatnya. Multimedia jenis ini umum digunakan sebagai informasi massal, seminar, video promosi, hingga paparan kelas atau rapat.
2. Multimedia non-linier
Berkebalikan dengan multimedia linier, multimedia non-linier memiliki aspek interaktif terhadap pengguna atau end-user. Jenis multimedia ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol atau mengakses subjek multimedia tersebut. Hal ini dapat dicontohkan lewat permainan komputer atau video game, situs jejaring, aplikasi pada ponsel pintar, menu self-services pada restoran cepat saji, dan sebagainya.
Nah, itulah tadi berbagai hal terkait multimedia yang perlu kamu ketahui lebih lanjut. Multimedia sebagai konsep jamak dikenal dengan penggabungan berbagai macam media dalam satu perangkat atau produk komputasi tertentu. Basis utama multimedia adalah teks, audio, dan video, hingga kemudian dikembangkan lagi seiring teknologi bertumbuh.

Komentar
Posting Komentar